Tantangan Terbesar Bisnis Logistik Indonesia

Tantangan Terbesar Bisnis Logistik Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 17 ribu lebih pulau dan membentang seluas 1.905 juta kilometer persegi, sering dipandang sangat sulit bagi industri logistik.

Salah satu tantangannya adalah bagaimana bisa menguasai pengiriman logistik melalui daratan dan perairan. Pembangunan infrastruktur transportasi juga menjadi tantangan untuk mendapatkan proses logistik yang mulus.

Selain struktur geografisnya negara kepulauan, transportasi multimoda merupakan solusi pengiriman barang yang tepat yang dimana metode tersebut menggabungkan metode transportasi yang berbeda-beda untuk mencapai area-area terpencil.

Perusahaan-perusahaan industri logistik perlu menawarkan layanan pengiriman dari hulu ke hilir, mencakup berbagai elemen, dan juga terintegrasi dengan pergudangan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi setiap pelaku agribisnis dari hulu ke hilir dan menjangkau klien dengan lebih efisien.

Selain itu, para perusahaan juga harus menciptakan platform khusus untuk menghubungkan operator gudang dan penyedia transportasi darat maupun lautan.

Secara garis besar, permasalahan tersebut jika diatasi dan ditambah dengan pertumbuhan e-commerce, dapat membangun industri logistik yang pendapatannya diperkirakan akan mencapai 240 miliar USD pada tahun 2021.

Pada tahun 2016, industri logistik sendiri berkontribusi sebesar 24% dari produk domestik bruto negara. Industri logistik. Indonesia sendiri ada pada posisi ke-63 dari 160 negara untuk performa logistik. Pada tahun 2019 sendiri, pemerintah sudah gencar meningkatkan infrastruktur untuk meningkatkan kinerja pada sektor logistik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *