Tips Atasi Stress Selama Wabah COVID-19

Tips Atasi Stress Selama Wabah COVID-19
  1. Hubungi orang yang disayangi
    Saat terjadi krisis, wajar jika kita merasa stress, sedih, bingung, dan marah. Kamu bisa menghubungi keluarga, sahabat, atau pasangan, untuk saling membantu mengurangi kesedihan dan kesepian.
  2. Jaga Gaya Hidup
    Pastikan kamu tidur cukup, makan makanan sehat, cuci tangan berkala, hirup udara segar dari pekarangan atau balkon, dan beraktivitas fisik yang bisa dilakukan di dalam ruangan.
  3. Saring Seluruh Informasi yang Masuk
    Cari fakta yang tepat. Pastikan anda mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya, seperti WHO, dinas kesehatan setempat, atau Kemenkes.
  4. Kurangi menonton, mendengar, atau membaca berita yang membuatmu tidak nyaman.
  5. Jika ketidaknyamanan muncul, alihkan dengan hal-hal yang membuatmu bahagia
    Temukan benda, kegiatan atau aktivitas yang biasanya berhasil membuatmu keluar dari kesedihan atau rasa cemas. Kamu bisa menggunakan cara-cara tersebut untuk mengelola emosi dalam situasi sulit menghadapi kejadian wabah saat ini.

Sebisa mungkin batasi menggunakan gadget dan alihkan dengan aktivitas lain, seperti:

  • Bermain boardgame
  • Bermain dengan keluarga
  • Membaca buku
  • Menonton film atau serial favoritmu
  • Menata rumah
  • Menari
  • Mendengarkan musik
  • Berdoa

Lakukan aktivitas yang membantu anda fokus pada keadaan saat ini (Here and Now).

Sumber: WHO, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa DKI Jakarta

Foto oleh Ri Butov dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *