Tren Sayuran Beku, Emangnya Sehat?

Tren Sayuran Beku, Emangnya Sehat?

Kamu suka membeli membeli sayuran beku untuk stok memasak, namun ragu akan faktor kesehatannya? Berikut beberapa fakta tentang sayuran beku:

1. Perubahan Tidak Signifikan
Menurut studi, sayuran yang dibekukan selama 2 bulan ternyata tidak mengubah secara signifikan kandungan phytochemical (nutrisi) di dalamnya.

2. Berbeda Pada Sayuran Tertentu
Proses pembekuan dapat mempengaruhi nilai gizi pada jenis sayuran tertentu. Misalnya pada brokoli, kandungan vitamin B2 pada brokoli beku dinilai lebih tinggi dibanding brokoli segar. Sementara pada kacang polong berlaku sebaliknya.

Wortel dan bayam yang dibekukan memiliki kandungan beta karoten yang lebih rendah, sementara tingkat antioksidan pada kangkung beku justru lebih tinggi dibanding kangkung segar.

3. Perhatikan Bahan Pengawet dan Zat Adiktif
Penjual bisa saja menambahkan zat pengawet, garam, gula, atau campuran bumbu penyedap. Hal ini menambah kandungan natrium, lemak, atau kalori di dalamnya.

Cermat sebelum membeli. Tanyakan pada penjual, atau cek dulu label pada kemasan sayur beku yang akan kamu beli, ya!

Gambar oleh Willfried Wende dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *